Senin, 16 Juni 2014

Tugas Bindo_liesta_4KA41


PERANCANGAN APLIKASI OBJEK WISATA KOMPLEK CANDI PRAMBANAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID



1. Tahap Persiapan

Pada tahap ini saya mempersiapkan semua objek-objek yang akan digunakan untuk aplikasi. Saya juga tidak lupa menyiapkan software-software yang berpengaruh pada aplikasi. Pada tahap ini saya benar-benar sangat mempersiapkan segala sesuatu yg menyangkut perancangan. Alasan saya memilih judul diatas karena sesuai dengan objek yang digunakan yaitu candi Prambanan dan candi RatuBoko. Tujuannya untuk memperkenalkan objek wisata yang berada di Yogyakarta kepada para wisatawan dan turis mancan negara. Saya ingin memperkenalkan objek wisata ini dengan cara menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata.

2. Tahap Pengumpulan Data

Pada tahap ini saya mencari sumber-sumber yang bersangkutan untuk perancangan aplikasi. saya mengumpulkan semua data-data yang sudah diperoleh untuk kelancaran aplikasi saat digunakan. Semua data-data saya ambil lewat internet, brosur yang berupa gambar dan tulisan.

3. Tahap Pengorganisasian

Pada tahap ini saya mengatur letak-letak dan posisi objek atau gambar yang dimasukkan kedalam aplikasi. Saya juga membuat tampilan utama pada rancangan aplikasi. Aplikasi ini menggunakan empat tampilan yang diantaranya : tampilan HOME, Candi Prambanan, Candi RatuBoko, dan Profil.

4. Tahap Pemeriksaan

Sebelum melakukan pengujian, aplikasi di cek terlebih dahulu “Apakah settingannya sudah sesuai atau belum”. Jika sudah sesuai dengan yang diharapkan maka aplikasi dinilai sudah layak untuk di Uji Coba.

5. Tahap Pengujian
Dalam tahap pengujian saya menggunakan Ios yang berbeda-beda agar aplikasi yang sudah jadi dapat dijalankan pada ios-ios tersebut. Saya menggunakan handphon yang berjenis Android dan ios yang digunakan yaitu Froyo, Gingerband, serta Jelly Bean. Setelah aplikasi diuji coba ternyata aplikasi ini berjalan lancar pada handphone tersebut. Namun tidak semua Handphone Android yg bisa menjalankan Aplikasi ini, karena Aplikasi ini sudah di setting untuk Android yang Osnya Froyo ke atas. Aplikasi yang penulis buat dapat dijalankan pada handphone Android yang Osnya sudah Froyo, Gingerbread, dan Jelly Bean sedangkan jenis handphone yang lain tidak bisa. Pemutaran video Aplikasi ini berbeda-beda tiap Osnya, karena pada ke-3 OS yang sudah diamati ternyata video berjalan lancar tanpa menyorot ke marker di OS Froyo dan Gingerbread, sedangkan pada OS Jelly Bean pemutaran video harus menyorot ke marker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar