Jumat, 10 Oktober 2014

Sistem Terdistribusi

DEFINISI DARI SISTEM TERDISTRIBUSI

             

          Sistem Terdistribusi adalah Sekumpulan komputer otonom yang terhubung ke suatu jaringan, dimana bagi pengguna sistem terlihat sebagai satu komputer. Maksud komputer otonomi adalah walaupun komputer tidak terhubung ke jaringan, komputer tersebut tetap data berjalan. Dengan menjalankan sistem terdistribusi, komputer dapat melakukan :

                · Koordinasi Aktifitas
                · Berbagi sumber daya : hardware, software dan data

            Dengan definisi diatas maka internet sesungguhnya bukanlah suatu sistem terdistribusi, melainkan infrastruktur dimana sistem terdistribusi dapat di aplikasikan pada jaringan tersebut.


Contoh Sistem Terdistribusi Versi Saya :

HOTSPOT MELALUI HANDPHONE








SIM CARD

          Pada saat sekarang ini kita semua pasti sangat akrab dengan kata-kata SIM Card, ya kartu SIM yang kita gunakan untuk berlangganan pada satu operator seluler. SIM adalah singkatan dari Subscriber Identity Module , ada juga yang mengatakan kepanjangannya ialah Subscriber Identification Module , ya dua-dua nya artinya hampir sama kok :).

          Kartu pintar ini diproduksi dalam bentuk Integrated Circuit (IC /Aisi-kalau kata orang servis) yang menyimpan data untuk pelanggan telepon seluler GSM (SIM Card) dan CDMA (R-UIM Card), data tersebut meliputi identitas pengguna, lokasi dan nomor telepon, jaringan data otorisasi, kunci keamanan pribadi, daftar kontak dan teks yang tersimpan. Kartu pintar ini bersifat Removable, ya dapat dipindah-pindah dari satu handphone ke handphone yang lainnya selama handphone tersebut tidak terkunci pada satu operator seluler tertentu.

          Sim Card bisa disebut juga sebagai server yang dapat terkoneksi atau menghubungkan jaringan ke PC atau Laptop dsb. Jaringan pada sim card dapat menjadi wifi atau yang biasa disebut HotSpot untuk mengkoneksikannya ke Internet. Namun tidak bisa dipaki tanpa adanya alat bantu seperti Handphone.


HANDPHONE

      Sebuah alat yang digunakan untuk berkomunikasi 1 dengan yang lainnya. Alat penghubung yang selalu digunakan untuk penyampaian informasi. Pada layanan handphone canggih terdapat jaringan nirkabel atau hotspot agar dapat memberikan sambungan atau jaringan ke komputer. 


HOTSPOT

           HotSpot adalah sebuah wilayah terbatas yang dilayani oleh satu atau sekumpulan Access Point Wireless LAN standar 802.11a/b/g. Di mana pengguna (user) dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, laptop, PDA, dan sebangsanya. Biasanya HotSpot dioperasikan di tempat umum, seperti, Cafe, Mall, dan kampus. Access Point yang digunakan umumnya tidak dimodifikasi antenanya, sehingga kemampuannya memang dibatasi hanya untuk ruangan terbatas saja. Jadi jaringan Wireless di sebuah kota, RT/RW-net bukan kategori HotSpot.

          Maka dengan hotspot kita bisa membagi jaringan LAN dari ponsel ke PC atau komputer lain, agar dapat terkoneksi ke internet. Layanan hotspot ini sangat mudah untuk di jadikan WIFI pada ponsel lain ataupun komputer, laptop yang ingin terkoneksi tanpa bantuan MODEM.


Referensi :
      1.            http://wwwpengembanganblogspot.blogspot.com/
      3.            http://pojokpulsa.co.id/sim-card/
 http://princstar-princstar.blogspot.com/2014/10/sistem-terdistribusi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar